RSS

Mohandas Gandhi ( MELAWAN TANPA DENAGN KEKERASAN )


 
“Kekerasan adalah senjata orang yang berjiwa lemah”
 
Gandhi lahir pada tanggal 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India, saat remaja pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah menjadi pengacara, Ia pergi ke Afrika Selatan, sebuh koloni Inggris, tempat Ia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Ia meneruskan menjadi aktivis politik agar dapat mengubah hhukum-hukum yang diskriminatitf. Gandhi membetuk gerakan nonkekerasan.
Ketika Ia kembali ke India, Ia membatu proses kemerdekaan India dari kemerdekaan Inggris. Hala ini memberiakn Inspirasi bagi rakyat di kolono- koloni lainya agar berjuang kemerdekaannya dan memejah Kekerajaan Britania untuk membetuk Persemakmuran. Gandhi adalah seorang Hindu, namun Ia memiliki pemikiran agama- agama lain, termasuk Islam dan Kristen. Ia percaya bahwa manusia dari semua agama harus memiliki hak yang sama dan hidup bersama didalam satu negara. Pada tanggal 30 Januari 1948 Gandhi dibunuh seorang lelaki Hindu yang marah kepada Gandhi Ia terlalu memihak kepada Muslim.

Kata – kata Gandhi yang Inspiratif :

“ Dimana ada cinta disitu ada kehidupan “

“ Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dng dan perak “

“ Prinsip tanpa kekerasan bukanlah busana yang dapat ditinggalkan. Kedudukannya ada dalam hati kita. Ia mesti menjadi bagian yang tak terpisakan dari diri kita “

“ Cinta tidak pernah menuntut, cinta selalu memberi. Cinta selalu menderita, tanpa pernah meratap, tanpa pernah mendendam ”
“ Orang yang mencari – cari kesalahan orang lain adalah orang yang buta terhadap kesalahn sendiri ”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar